Makanan Bayi Usia/Umur 4-6 Bulan

Makanan Bayi Usia / Umur 4-6 Bulan - Makanan Bayi Usia / Umur 4-6 Bulan, pada usia ini ada Baiknya si Kecil anda berikan ASI karena Menurut banyak ahli adalah lebih baik jika bayi usia  4 Bulan di Berikan ASI hal ini tentu saja karena Takut Si Kecil akan mengalami alergi, saat kita Berikan makanan untuknya, Kami juga bisanya Memberikan makanan untuk bayi pada usia di Bawah 6 Bulan, Namun Jika anda Ingin Tetap Memberikan Makanan untuk Si Kecil, Berikut Blog Resep Masakan Terbaru mempunyai Beberapa Tips agar Tetap Aman memberi  Makanan Bayi Usia 4-6 Bulan.

Makanan Bayi Umur 4 Bulan

A.Ciri-ciri Bayi Siap Untuk Makan Makanan Padat
  • Sudah bisa menegakkan kepala sendiri
  • Bisa duduk dengan baik di kursi
  • Bisa melakukan gerakan mengunyah
  • Berat badan terlihat meningkat hingga kira-kira sudah dua kali lipat berat badan ketika lahir
  • Terlihat tertarik pada makanan
  • Bisa menutup mulut jika disodorkan sendok
  • Bisa memindahkan makanan dari mulut bagian depan ke mulut bagian belakang
  • Bisa menggerakan lidah, dan tidak lagi mendorong makanan kelur menggunakan lidah
  • Terlihat masih lapar setelah diberi delapan hingga sepuluh kali ASI atau 1200 cc susu formula
  • Mulai tumbuh gigi
Nah jika Ciri-Ciri Di atas Telah ada pada Bayi Usia 4-6 Bulan, Maka berikut ini Jenis-Jenis Makanan Yang bisa di Berkan kepada Bayi Usia 4-6 Bulan

B.Jenis Jenis Makanan Bayi Umur 4-6 Bulan
  • ASI atau susu formula DITAMBAH
  • Bubur sereal beras atau bubur tepung beras
  • Dilanjutkan dengan sereal biji-bijan lainnya
  • Bila sudah terlihat bisa makan, bisa ditambah bubur sayuran (misal: ubi manis, labu-labuan) atau bubur buah-buahan (misal: pisang, apel, pear, alpukat)
Lalu berikutnya apa saja yang makanan yang harus di Hindari untuk si Kecil, SIlahkan lihat dibawah ini.

C.Maknan Yang harus Di Hindari Pada Saat Bayi Umur 4-6 Bulan
  1. Madu. Tidak dianjurkan untuk bayi dibawah usia satu tahun, karena ada kemungkinan terkena bakteri Clostridium Botulinum. Bayi belum memiliki imunitas terhadap bakteri ini. Kalau mau tahu lebih lanjut tentang botulinum silakan bacaini . Kira-kira menurut tulisannya bisa mengakibatkan lumpuh karena dia meracuni saraf.
  2. Garam. Makanan bayi sebaiknya tidak diberi garam karena belum kuat diproses oleh ginjalnya. ASI dan formula sudah mencukupi kebutuhan garam ditubuhnya
  3. Gula. Biarkan bayi tidak terbiasa pada rasa manis yang bisa merusak giginya.
  4. Kacang. Selain ada kemungkinan tersedak, kacang juga sangat berpotensial menimbulkan reaksi alergi
  5. Susu sapi sebagai minuman. Tidak mencukupi kandungan lemak, nutrisi (terutama besi), dan kalori. Terlalu banyak sodium. Juga berpotensi menjadi alergen. Kecuali produk susu seperti keju, diperbolehkan setelah bayi berusia 6 bulan.
  6. Makanan yang dihindari hingga usia 6 bulan
  7. Gandum dan segala produknya. Alergen (bisa menimbulkan reaksi alergi)
  8. Telur. Alergen, terutama bagian putihnya yang memiliki banyak kandungan protein.
  9. Ikan-ikanan. Alergen
  10. Buah-buahan asam, seperti jeruk, anggur, nanas. Perut bayi belum kuat untuk diberi makanan asam
  11. Catatan
  12. Pada usia 4 – 6 bulan ini, ASI atau susu formula masih menjadi sumber utama makanan bayi. Makanan lain hanya sekedar tambahan.
  13. Belajar makan adalah yang hal yang terpenting pada usia ini. Jangan khawatir jika bayi anda hanya makan sedikit atau tidak mau makan sama sekali. Coba lagi di lain waktu.
  14. Kalau bayi terlihat mendorong makanan dengan lidahnya, mungkin bayi belum siap menerima makanan padat.
  15. Selalu menunggu 4 hari untuk memperkenalkan makanan baru kepada , agar terlihat apakah bayi memiliki reaksi alergi terhadap makanan itu.
Nah Jika semua Itu sudah terpenuhi Maka silahkan anda Lihat mengenai Cara Penyajian makanan untuk bayi anda di Bawah ini

D.Cara Penyajian Makanan Bayi 4-6 Bulan
  • Mulai dari bubur tepung beras yang sangat encer satu hari sekali, kira-kira sebanyak 1/2 sendok makan pada percobaan pertama. Mengapa beras? Beras memiliki resiko alergi yang rendah.
  • Jika bayi sudah mulai terbiasa makan, bisa ditambah porsinya atau ditambah kekentalan buburnya.
  • Bisa menambahkan menu baru kepada bayi. Satu rasa setiap kali menambah, jangan dicampur. Tunggu 4 hari untuk memperkenalkan makanan baru kepada anak, agar terlihat apakah bayi memiliki reaksi alergi terhadap makanan itu.
  • Beberapa orang menyarankan untuk memberikan sayuran terlebih dahulu sebelum diberikan buah-buahan, sehingga bayi tidak lebih lebih dahulu kenal manisnya buah.

# SEKILAS INFO
  1. Pada usia 4 – 6 bulan ini, ASI atau susu formula masih menjadi sumber utama makanan bayi. Makanan lain hanya sekedar tambahan.
  2. Belajar makan adalah yang hal yang terpenting pada usia ini. Jangan khawatir jika bayi anda hanya makan sedikit atau tidak mau makan sama sekali. Coba lagi di lain waktu.
  3. Kalau bayi terlihat mendorong makanan dengan lidahnya, mungkin bayi belum siap menerima makanan padat.
  4. Selalu menunggu 4 hari untuk memperkenalkan makanan baru kepada , agar terlihat apakah bayi memiliki reaksi alergi terhadap makanan itu.

Nah Saya Rasa artikel Makanan Bayi Usia / Umur 4-6 Bulan ini saya Sudahi dahulu sampai disini, Mohon Koreksinya jika ada kesalahan, agar artikel ini bisa menjadi lebih baik lagi dan berguna bagi bayak ibu yang sedang Mencari Info untuk mengenalkan Bayi pada makanan.
Baca juga artikel kami yang terkait dengan Makanan Bayi Yakni Resep Makanan Bayi Usia 1-2 Tahun, Resep Makanan Bayi 6-12 Bulan dan Juga Artikel Sebelumnya Yakni Resep Semur Daging Tahu

Referensi : http://ndew.wordpress.com

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Makanan Bayi Usia/Umur 4-6 Bulan"

Poskan Komentar